Oleh Joko
Bulan Dzulhijjah (8 Dzulhijjah 1330 H) atau November
(18 November 1912 M) merupakan momentum penting lahirnya Muhammadiyah. Itulah
kelahiran sebuah gerakan Islam modernis terbesar di Indonesia, yang melakukan
perintisan atau kepeloporan pemurnian sekaligus pembaruan Islam di negeri
berpenduduk terbesar muslim di dunia. Sebuah gerakan yang didirikan oleh
seorang kyai alim, cerdas, dan berjiwa pembaru, yakni Kyai Haji Ahmad Dahlan
atau Muhammad Darwis dari kota santri Kauman Yogyakarta.Kyai Haji Ahmad Dahlan
menamakan gerakan dengan Muhammadiyah ,mempunyai maksud maksud tertentu ,serta
harapan yang jauh serta sangat luhur. Dan dengan nama tersebut dapat
mencerminkan secra ringkas dan padat tentang hakikat dan bentuk gerakan yang
sesungguhnya .Dengan nama itu pula akan memberi ciri dan corak yang sendiri
bagi gerakan Muhammadiyah di tengah –tengah kebangkitan bangsa dan umat
islam di mana-mana.
Dari segi bahasa:
Dari segi bahasa:
Kata ”Muhammadiyah” secara bahasa berarti ”pengikut
Nabi Muhammad”. Penggunaan kata ”Muhammadiyah” dimaksudkan untuk menisbahkan
(menghubungkan) dengan ajaran dan jejak perjuangan Nabi Muhammad. Penisbahan
nama tersebut menurut H. Djarnawi Hadikusuma mengandung pengertian sebagai
berikut: ”Dengan nama itu dia bermaksud untuk menjelaskan bahwa pendukung
organisasi itu ialah umat Muhammad, dan asasnya adalah ajaran Nabi Muhammad
saw, yaitu Islam. Dan tujuannya ialah memahami dan melaksanakan agama Islam
sebagai yang memang ajaran yang serta dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, agar
supaya dapat menjalani kehidupan dunia sepanjang kemauan agama Islam. Dengan
demikian ajaran Islam yang suci dan benar itu dapat memberi nafas bagi kemajuan
umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya.”
Dari Segi Istilah
Muhammadiyah ialah “Gerakan Islam yang di dirikan oleh Kyai Haji Ahmad
Dahlan pada tanggal 8 dzulhijjah 1330 bertepatan dengan tanggal 18 November 19 di Yogyakarta.
Gerakan ini diberi nama oleh pendirinya dengan nama
Muhammadiyah karna dengan nama itu berharap atau bertafa’ulagar cepat mencontoh
segala jejakperjuangan dan pengabdian Nabi Muhammad saw.juga di maksudkan agar
semua anggota Muhammadiyah benar-benar menjadi seorang muslim yang penuh
pengabdian dan tanggung jawab,teehadap agama serta merasa bangga dengan ke Islam-annya.
Sebab Muhammadiyah Didirikan
Seperti telah di terangkan di
muka ,bahwa usaha Muhammadiyah telah di rintis sendiri oleh KH.Ahmad Dahlan
sejak tahun 1905 dan enam tahun kemudian mendirikan sekolah Muhammadiyah yang
corak moderen.Satu tahun kemudian KH.Ahmad Dahlan yang dengan bantuan beberapa
orang muridnya dan sabatnya,mendirikan pergerakan Muhammadiyah
Pada
dasarnya sebabMuhammadiyah didirikan adalah:
Pendalaman KH. Ahamad Dahlan terhadap isi Al-Qur’an dan sunah,terutama
sekali surat Ali Imron ayat 104 yang artinya:
“Adakah diantaramu sekalian golongan umat yang
mengajak kepada islam,memerintahkan kebajikan dan mencegah kemungkaran.Dan
merekaitulah orang-orang yangmendapat kebahagiaan’
Diakui oleh semua murid K.H.Ahmad Dahlan,akan keahlian
dan kwtekunan mendalami kandungan isi Al-Qur’an dan sunah Nabi.Beliau sangat
gemar dan pandai mengupas tafsir ayat.Bliau juga mendetailbeliau selidiki dulu
secara mendalamtiap-tiap kalimat dalam ayat tersebut satu persatu dilihat
kekuatan dan perasaan yang tersirat,baru
kemudian di sesuaikan dengan keterangan sendiri secara tepat dan hebat.Disinal kelebihan K.H.Ahmad
Dahlan dengan ulama-ulama lainnya.Beliauamat sabar,dan apa yang dikajinya
memberi bekas yang mendalam pada setiap pekerjaannya,dan yakin apa yang
dikerjakan.Atas dasar pendalaman
terhadap ajaran islam yang murni, yang berdasar Al-Qur’an dan sunah Nabi,beliau sampai pada pendirian
bahwa umat islam bisa maju dengan kedua dasar tersebut.Disamping itu,umat islam
harus di gerakkan untuk berjuang dan beramal dengan satu kekuatan organisasi.
Selain
sebab utama tersebut,masih terdapat beberapa sebab lag yang mendorong K.H.Ahmad
Dahlan yaitu:
1)Ketidak
murnian islam,akibat pengaruh-pengaruh tradisi yang bukan islam
Banyak
sekali bid’ah dan kurafat yang merusak kemurnian aqidah dan ibadahdalam islam
di praktekan serta menjadi kebiasaan
kaum muslimin,seolah-olah itu merupakan perintah agama.Seperti pad waktu
mengandung,melahirkan menghitankan,mengawinkan dan pada saat terjadi
kematian;juga pada waktu mencari jodoh,bercocok tanam dan memotong padi.Masa-masa tersebut penuh dengan
kebiasaan –kebiasaan yang bersifat bid’ah dan kurafat.bid’ah adalah segala
macam tambhan yang di masukkan orang kedalam agama;sedang kurafat dapat dikatan
semacam tahayulyang merusak kemurnian iman.Maka untuk memurnikan ibadah serta
meluruskan iman serta membersihkan dari segala macam-macam tambahan perlu perlu
dibentuk suatu Organisasi yang mampu mengemban tugas tersebut.
Lembaga-lembaga
yang ada perlu penyempurnaanbentuk dan isi sehingga lebih sesuai dengan tujuan
yang hendak dicapai.menjadi kenyataan bahwa lembaga-lembaga pada masa itu
terbagi ke dalam dua kutub,yaitu:
a.Pendidikan yang bersifat pondok
pesantren:
Sistem
pendidikan ini umumnya dijalankan oleh umat islam dan merupakan sisitem
pendidikan yang sudah tua umurnya dan merupakan satu-satumya sistem pendidikan
yang ada pada waktu itu,dengan hanya mengajarkan ilmu-ilmukeagamaan
saja.Seperti ilmu nahwu,olmu Fiqih,ilmu Tauhid,ilmu Tafsir dan Tasawuf.Dan
pengajarannya dengan cara metode sorogan,dimana murid menyodorkan kitabnya
untuk dikaji dan kiayi membaca dan menerangkannya.Sudah barang tentu sistem
pendidikan ini mempunyai arti dan hasil tersendiri yag tak kurang manfaatnya.
b.Pendidikan yang bersistem sekolah:
Sistem
pendidikan ini terutama sekali dijlankan oleh pemerintah kolonial
Belanda,dengan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan umum tanpa memasukkan kedalam
pendidikan agama.Sekalipun metode dan alat-alat pendidikan dan pengajarannya
cukup lengkap akan tetapi masih terdapat kekurangan pokok,yaitu lemahnya
pendidikan oral dan agama.
Dengan
kenyataan tersebut, K.H.Ahmad Dahlan mengombinasikan unsur-unsur yang baik dari
kedua sistem yangada. Maka didirikan sekolah Muhammadiyah pada tahun 1911,yang mengajarkan ilmu-ilmu
umum dan imu keagamaan dan menggunakan metode serta cara-cara baru dengan
berdirinya sekolah Muhammadiyah tersebut,sebenarnya muhammaduyah tidak lagi
memisahkan peljaran agama dan pelajaran umum karna Muhammadiyah meyakini bahwa
semua pelajaran adalah merupakan perintah agama.sebab pada dasarnya pemisahan
pelajaran dalam ilmu agama dan ilmu umum adalah akibat dari penjajahan barat
yng memisahkan dunia dengan urusan akhirat.Yang semua itu merupakan ajaran
islam yang benar untuk menjamin sistem dan isi pendidikan yang diharapkan dapat
mengantarkan pada tujuan,maka harus didirikan suatunorganisasi yang mampu
mengurus dan mengelola pendidikan tersebut.
Usaha mempertahankan islam dari pengaruh dan serangan dari luar.
Adanya pengaruh kebudyaan dan beradapan Barat terutma
kebiasaan buruk mereka banyak sekali merugikan islam.Taksedikit kau pelajar
indonesia terkena pengaruh buruk tersebut,seperti sikap acuh tak acuh,memusuhi
dan menjauhi agama. Karna agama sebagai penghambat kemajuan;yang penting adalah
ilmu dan tehnologi yang di miliki oleh Barat sehingga akan mendapatkan kemajuamn
sebagai negara Barat.
Dengan
didirikan Muhammadiyah,yang menyampaikan paham keagamaan secara lebih mudah
yang dapat diterima baik oleh kaum terpelajar maupun khlayak awam,maka sedikit bnyak Muhammadiya telah
berhasil mempertemukan syariaat agama dengan alam pikiran.Semantara itu,giatnya
kaum kristen- katolik dengan usaha misi-misi keagamaannya,menyadarkan K.H.Ahmad
Dahlan untuk membangun sebagai organisasi da’wah yang kuat dan terti.Sehingga
dengan organisasi tersebut bisa mengimbangi dan melibihi usaha-usaha
kristensasi –pengkristenan umat islam di indinesia.
Tak
kuranh-kurangnya adalah asanya penjajahan belanda yang berabad-abad lamanya
danm mengakibatkan penderitaan yang tak kunjung habis bagi bangsa Indonesia
yang mayoritas bergama Islam.Mka banyak
perjuangan yang telah di drama-baktikan oleh Muhammadiyah kepada bangsa
tanah air Indonesia,terutama pada saat-saat perjuangan kemerdekaan.Dan untuk
menghargai perjuangan Muhammadiyah tersebut pemerintah indonesia menetapkan
K.H.Ahamd Dahlan dan beberapa tokoh Muhammadiyah lainnya sebagai pahlawan
kemerdekaan Nasional.
Pengaruhdan dorongan gerakan
pembaharuan dalam dunia Islam.
Sebagaimana telah diketahui bahwa K.H.Ahmad Dahlan sangat gemar menelaah
dan sangat pandai menafsirkan Al-Qur’an.Beliau banyak pembaca terutama tafsir
Al-Manar susunan Muhammad Abduh dan Rasyid Ridla serta sangat terkesan kepada
isi dan cara mengurainya .Maka tidaklah berlebihan,dalam beberapa hal K.H.Ahmad
Dahlan Mendapat dorongan dari padanya.Dan apa yang dicita-citakan serta yang
menjadi renungannya engan membandigkan tafsir tersebut seolah-olah tentang
bantuan moril yang tidak kecil.Dalam pada itu K.H.Ahmad Dahlan sendiri banyak
belajar tentang ilmu berorganisasi dari pergerakan Budi Utomo,sebuah organisasi
kebangsaan yang didirikan oleh,Dr.Sutomo menyumbangkan tenaganya menjadi doktor
di ruma sakit PKU Muhammadiyah di Surabaya.
Maksud dan tujuan Muhammadiyah
Segala
hal yang dikerjakan oleh Muhammadiyah,di dahului dengan adanya maksud dan
tujuan tertentu.Dan dengan maksud dan tujuan itu pula yang akan mengarahkan
gerak perjuangan,menentukan besar-ke-kecilnya kegiatan maca-macam amal usaha Muhammadiyah.
1.Sejarah Perumusan
Rumusan
maksud dan tujuan muhammadiyah sejak berdiri sampai sekarang mengalami beberapa
kali mengalami perubahan rediaksiionil,perubahan susunan bahasa dan
istilah.Sekalipun beitu pun tidak dengan sendirinya berupa isi dan
jiwanya,karena hakekatnya antara yang lama dan yang baru tetap sama.
Pertama:
Pada
waktu permulaan berdirinya,dirumuskan ssb.
a.Menyebankan pengajaran kanjeng nabi Muhammad saw
kepada penduduk bumi-putra, didalam sesiden Yogyakarta
b.Memajukan hal agama Islam kepada anggota-angotanya
Kedua:
Sesudah
Muhammadiyah meluas keluar daerah Yogyakarta dan berdiri beberapa cabang di
beberapa tempat di wiwlayah Hindia-Belanda (Indonesia),maka rumusnya di
sempurnakan menjadi:
a.Memajukan dan menggembirakan pengajaran dan
pelajaran agama islam di Hindu,Belanda.
b.Memajukan dan menggembirakkan hidup sepanajang
kemauan agama islam kepada sekutu-sekutunya.
Ketiga:
Sewaktu
pemerintahan an penduduk perncis Jepang(1924-1945),dimana segala macam dan
bentuk pergerakan mendapat pengawasan yang sangat keras,tak terkecuali
Muhammadiyah maka pada masa ini Jepang
ikut berusaha mendekati maksud dan tujuan Muhammadiyah,rumusan maksud
dan tujuan Muham-madiyah menjadi:’sesuai dengan kepercayaan untuk mendirikan
kemakmuran bersama seluruh Asia Timur raya di bawah pimpinan Dai Nipon dan
memang di peritahkan oleh tuhan,allah ,maka perkumpulan ini:
a.Hendak menyiarkan agama Islam serta melatihkan hidup
yang selaras dengan tuntunannya
b.Hendak melakukan pekerjaan kebaikan umum.
c.Hendak memajukan pengetahuan dan kepandaiaan serta
budi pekerti yang baik kepada aggota-anggotanya.Kesemuanya itu ditunjukkan
untuk berjasa mendidik masayarakat ramai.
Keempat:
Setelh
masa kemerdekaan,dala, kongkresnya yang ke satu,atau muktamar Muhammadiyah ke
31 di Yogyakarta,pada thun 1950,rumusan maksud dan tujuan dirubah dan di
sempurnakan sehingga lebih mendekati jiwa dan gerak sesungguhnya dari
Muhammadiyah,sehinga berbunyi ‘maksud dan tujuan perserikatan ialah menegakkan
dan menjunjung tinggi agama Islam sehinnga dapat mewujudkan masyarakat islam
yang sebenar-benarnya”.
Kelima:
Pada
waktu muktamar Muhammadiyah ke 34yang berlangsung pada tahun 1959 di Yogyakarta
rumus maksud dan tujuan Muhammadiyah hasil rumusan muktamar Muhammadiyah 31 di
sempurnakan redaksiaonalnya. Terhadap atas’dua kata’yang terdapat dalam rumusan
terdahulu yaitu kata-kata” dapat mewujudkan’diubah menjadi ‘ terwujud’.dengan
perubahan tersebut akhirnya rumusan maksud dan tujuan Muuhammadiyah yang kelima
pada sebagai berikut:
Menegakkan dan
menjunjung tingi agama Islam sehingga terwujud masyarakat islam yang
sebenar-benarnya”
Keenam:
Muktamar
Muhammadiyah ke 41 yang diselenggarakan di kota Surakarta pada tahun 1985
tercatat sebagai mu’tamar Muhammadiyah yang sangat bersejarah.Dikatakan
bersejarah sebab pada waktu mu’tamar tersebut,disampaikan memutuskan hal-hal
pokok yang bersifat rutin,seperti memutuskan program perserikatan serta memilih
anggota pimpinan puat Muhammadiyah,ada pula keputusan yang sangat disiplin bagi
perserikatan Muhammadiyah.Keputusan tersebut adalah menyangkut perubahan
Anggaran Dasar Muhammadiyah,antara lain pada rumusnya asas dan maksud tujuan
perserikatan.
Sesungguhnyalah,bahwa alasan yang pertama-tama diadakannya perubahan
pada Anggaran Dasar Muhmmadiyah tersebut adalah di karenakan telah di
sahkannyanya Undang-undang pokok keormasan nomer 8 1985.Di dalam UU tersebut
intinya menegasnya bahwa seluruh organisasi masa9Organisasi Sosial)Harus
mencantumkan Pancasila sebagai satu’nya organisasi.Berdasarkan terbitnya UU
tersebut maka Muhammadiyah selku Organisasi/perserikatan yang didalam salah
satu sifat kepribadian telah menyatan
mengindahkan segala hukum,undang-undang serta dasar dalam falsafah negara yang
sah perlu menyesuaikan diri dengan undang –undang tersebut.
Maksud dan tujuan Muhammadiyah
Mksud dan
tujuan Muhammadiyah sebagaimana yang telah dirumuskan dalam anaggaran dasar
Muhammadiyah tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut:
a.Menegakkan,berarti membuat dan mengupayakan agar
tetap tegak dan tidak doyong apalagi roboh.
b.Menjunjung tingi, berarti membawa atau memjunjung di
atas segala-galanya,memindahkan serta menghormatinya.
C.Agama Islam,yaoitu agama allah yang di wahyukan
kepada para rosulnya sejak Nabi Adam Nuh,Ibrahim,Musa,Isa sampai Nabi penutup
Nabi Muhammad saw sebagai hidayah dan rahmat allah kepada umat manisia
sepanajang zaman serta menjamin kesejahteraan haqiqi duniawi ukhrowi.
d. Terwujud bererti menjadi satu kenyataan akan adanya
atau akan wujudnya
e.Masyaraat utama,yaitu masyarakan yang senang tiasa
mengejar keutamaan dan kemasalahan untuk kepentingan hidup umat manusia
masyarakat yang selalu bersikap ta’dlin terhadap allah.
f.Adil dan Makmur yatu suatu kondisi masyarakat yang
didalanya terpenuhi dua kehidupan hidup yag pokok,yaitu:
1.Adil suatu kondisi masyarakat yang positif dri sejak
batinian,di dalam keadaan ini bila mana dapat di wujudkan secara konkrit,riel
atau nyata maka akan terciptanya masyarakat yang damai man tentram, sepi dari
perasaan terancam dan ketakutan.
2.Makmur yaitu suatu kondisi yang positif dari suatu
aspeklahiriyah yang sering digambarkan secara sederhana dengan rumusan terpenuhinya dengan kebutuan pangan
sandang,papandan kesehatan.
3.yang diridloi allah saw.artinya dalam rangka
merupakanterciptanya keadilan dan kemakmuranmasyarakat maka jalan dan cara yang
ditempuhnya, harus lah selalu bermitifkan emata-mata mencari keridloan allah
belaka.
K.H.Ahmad Dahlan sendiri memiiki tekad dan semangat yang takknjung
padam,untuk menjaga agar tak gentar menghadapi segala tantangan di antaranya
beliau menulis hadist Nabidi tembok rumahnya yang artinya: “Niscaya orang-orang
yang berpegang pada sunahkuketika imatku telah rusak,maka ibaray seorang yang
memegang bara”,dan dibawahnya duberi catatan komentarsebagai berikut;”kaarena
tidak adanya yang mendukung umtuk menutujuinya”.
Mengenai usaha yang mula-mula di sampig dalam
pendidikan dengan mendirikan sekolah Muhammadiyya lebih di tekankan
padapemurnian tauhid dan ibdah dalam islam seperti:
1.Meniadakan kebiasaan menujuhbulani(jawa tingkeb)
yaitu selamatan bagi orang yang sedang hamil dalam usia tuuh bulan.kebiasaan
ini termasuk kebiasaan hinduisme budisme.
2.kebasaan membaca berzanji, yaitu suatu karya puisi
serta sair-sair yang mengandug banyak
pujaan pada Nabi Muhammad saw.sebenarnya Muhammadiyah tidak antisama sekali
unsur kesenian yang terkandung didalamnya,akan tetapi adanya kecerendungan yang
kuat untuk kultus pada diri Nabi yang dapat merusak kemurnian tauhid maka
Muhammadiyah berusaha mebersihkannya dama sekali,begitu pula perayaan khaul
ziarah dan penghormatan bagi orang alim yang sudah meninggal di angap
waliyullah yang berlebih-lebihan di pandang dapat mengeruhkan jiwa tauhid.juga
membaca surat Ya;sin zdikir yang hanya pada malam jum’at itu adalah bid’ah
karena nabi melarang mengkhususkan ibadah hanya pada dikhususkan pada malam
jum’at saja.
3.Juga mendo’akan kepada orang yang masih hidupataupun
orang yang sudah mati tidak dilarang oleh agama;akan tetapi mengirimkan bacaan
ayat-ayat Al-Qur’an agar bisa diterima si jenazah yang ada di dalam kubur jelas
tidak berdasar pada agama yang benar oleh karena itu harus di
tinggalkan.Demikian juga tahlilan juga sholawatan pada hari kematian ke 3 ke 7
ke 40 ke 100 ke setahun dan ke 1000 hari merupakan bid’ah yang mesti
ditingalkan oleh Islam.
Perjuangan Muhammadiyah
Ialah
bahwa Muhammadiyah merupakan suatu gerkan islam,gerakan da’wah islam dan
gerakan tajdid,yang dimaksud dengan gerakan ialah terus bergerak aktif selalu
berada di depan.Dimaksudkan selalu bertindak sebagai”subyek”atau “pelaku”,bukan
sebagai “obyek”,atunyang dikenai tindakan orang lain.
GERAKAN
ISLAM,Memperjuangkan keyakinan dan
cita-cita hidunya senantiasa menurut cara yang ditetapkanIslam.
GERAKAN
DA’WAH,Memperjuangkan dan mewujudkan keyakinandan cita-cita hidup
Muhammadiyah yang berdasar dan menurut
cara Islam,jalan yang paling benar dan selamat ialah dengan da’wah Islam AMAR
MA’RUF NAHI MUNKAR”
KEYAKINAN DAN CITA-CITA MUHAMMADIYAH
-Muhammadiyah adalah gerakan islam dan da’wah amar
ma’ruf nahi munkar beraqidah islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan sunah Nabi.
-Muhammadiyah berkeyakinan bahwa islam adlah agama
allah ayang fiwahyuakan pada rasulnya pada sejak Nabi Adam,nuh,Ibrahim,musa,isa
dan seterusnya sampai pada nabi penutup yaitu Nabi Muhammad saw
-Muhammadiyah terleksananya ajaran-ajaran islam yaitu:
a. Aqidah
b. Akhlak
c. Ibadah
d. Muamalat
Duniawiyat
-Muhammadiyah bekerja untuk melksanakan aqidah
Islam,yang murni bersih dari gejala-gejala kemusrukan,did’ah dan kurafat tanpa
mengabaikanprinsip tolarensi menurut ajaran Islam.
-Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang di
turunkan oleh rasullallah.tanpa tambahan dan perubahan dari manusia
-Muhmmadiyah mengjak segenap lapisan bangsa Indonesia
yang telah mendapat karunia allahberupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber
kekayaan kemedekaan bangsa dan Negara Republik Idonesia yang berfalsafah
Pancasila untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu Negara yang adail dan
makmur di ridlai
BALDATUN
THOYYIBATUN WAROBBUN GHOFUR
Sumber
Refrenrsi;Drs Musthafa Kmal B.Ed,Drs. Chusnan Yusuf,Drs. Rusyad Sholeh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar